10 Negara Dengan Kecepatan Unduhan 5G Tercepat Di Dunia

Posted on

Semenjak awal tahun kemarin, sudah banyak negara yang lakukan komersilisasi serta berubah memakai tehnologi jaringan 5G. Salah satunya keunggulan penting jaringan 5G dibanding 4G ialah kecepatan jaringan.

Tetapi, bersamaan dengan berlanjutnya komersilisasi 5G, beberapa negara mempunyai kecepatan jaringan 5G yang lain. Kenyataannya, operator tidak sama di negara yang serupa mempunyai kecepatan 5G yang lain.

Berikut 10 negara dengan kecepatan 5G rerata paling cepat di dunia. Sumber dari artikel ini adalah hasil laporan dari OpenSignal. Dimana mereka sudah menganalisa pengalaman pemakai 5G dunia riil di semua operator mobile di beberapa negara dengan cara global.

 

  • ARAB SAUDI

 

Arab Saudi adalah salah satunya negara yang benar-benar ketertarikan dalam implikasi 5G di negara mereka sampai akhirnya pada Juni 2019, STC Grup dengan cara sah memberitahukan peluncuran service komersil 5G di Arab Saudi.

Perusahaan ini jadi operator pertama di Kerajaan yang sediakan service ini dengan cara komersil serta menyiapkannya buat konsumen setia di beberapa kota. Dengan cara global, negara ini menempati rangking 1 dengan kecepatan unduhan rerata 414,2 Mbps.

 

  • KOREA SELATAN

 

Tempat ke-2 kembali lagi dicapai oleh negara di benua Asia, untuk negara pertama yang mengeluarkan 5G dengan cara komersial pada 3 April 2019. kelihatannya Korea Selatan benar-benar berambisius, waktu itu SK Telecom Co., KT Corp., serta LG Uplus Corp. semua menebarkan jaringan 5G di semua negeri.

Sampai sekarang ini, telah seputar 85 kota dari 100++ kota di negara ini mempunyai jaringan 5G. Selanjutnya dalam satu laporan pada April 2020, Korea Selatan sekarang mempunyai lebih dari enam juta konsumen setia 5G. Menempati tempat ke-2, negara ini mempunyai kecepatan unduhan rerata 312,7 Mbps.

 

  • AUSTRALIA

 

Walau komersilisasi 5G di Australia diawali pada 2019, sampai sekarang ini cuma beberapa kota spesifik yang mempunyai jaringan 5G. Telstra ialah operator pertama di Australia yang mengeluarkan jaringan 5G-nya. Selanjutnya pada Maret 2020, Vodafone aktifkan menara 5G pertama kalinya di Parramatta, New South Wales, serta meneruskan peluncurannya selama setahun 2020.

Sekarang ini, tempat yang sudah dapat dijangkau oleh jaringan 5G ada di lebih dari 10 kota besar serta kecil di semua Australia. Salah satunya ialah Brisbane, Sydney, Melbourne, Adelaide, Perth, Canberra, Hobart, Launceston, Gold Coast, Toowoomba, dan lain-lain. Untuk kecepatanya, Australia mempunyai rerata kecepatan ambil 215,7 Mbps.

 

  • TAIWAN

 

Tidak sama dengan Korea Selatan, komersilisasi 5G di Taiwan termasuk masih baru. Dimana operator Far EasTone (FET) jadi operator pertama yang sudah mengeluarkan 5G di semua kota metropolitan Taiwan. Untuk kecepatnya, taiwan menempati rangking ke-4 dengan kecepatan ambil rerata 210,2 Mbps.

 

  • KANADA

 

Sama dengan Taiwan, Kanada adalah negara yang abru saja mengambil jaringan 5G serta baru berusia beberapa waktu. Penebaran 5G di negara itu belum juga rata serta cuma mencapai sejumlah kecil daerah saja.

Sekarang ini, operator seperti Rogers, Bell, serta Telus menjalankan jaringan 5G di Kanada. Beberapa kota seperti Vancouver, Calgary, Edmonton, Toronto, Ottawa, serta Montreal sekarang ini mempunyai jaringan 5G di sejumlah daerah. Dalam soal kecepatan, menempati rangking 5, Kanada mempunyai rerata kecepatan unduhuan 178,1 Mbps.

 

  • KUWAIT

 

Sama dengan Arab Saudi, service 5G komersil di Kuwait telah ada semenjak Juni 2019. Untuk negara yang ada di benua Asia tengah, Kuwait termasuk cepat sekali dalam pengadopsian jaringan 5G ini. Menurut OpenSignal, untuk negara yang menempati rangking berkaitan kecepatan ambil 5G, negara ini mempunyai kecepatan ambil 5G rerata capai 171,5 Mbps.

 

  • SWISS

 

Swiss salah satu negara pertama di dunia yang mulai mengaplikasikan 5G dengan cara komersial di tahun 2019. Tetapi, sebab kecemasan kesehatan atas radiasi dari antena 5G, terjadi perlambatan dalam aplikasinya.

Sekarang ini, Swiss mempunyai beberapa ratus antena 5G di negaranya, hingga membuatnya salah satunya perintis 5G di dunia. Untuk kecepatan unduhan 5G di negara itu, Swiss mempunyai rerata kecepatan capai 150,7 Mbps

 

  • HONGKONG

 

Sama dengan Taiwan serta Kanada, Hong Kong belakangan ini mengaplikasikan jaringan 5G dengan cara komersial. DImana pada 1 April 2020, HKT, Hutchison 3, serta China Mobile Hong Kong (CMHK) mengeluarkan service 5G.

Sekarang ini, service 5G CMHK ada di lebih dari 90% daerah penting Pulau Hong Kong. Menempati tempat ke-8, Hongkong mempunyai kecepatan unduhan rerata capai 142,8 Mbps.

 

  • BRITANIA RAYA

 

Inggris salah satu negara pertama di dunia yang dengan cara sah mengkomersialkan 5G. Mereka mengawali memperkenalkan jaringan 5G mereka pada Mei 2019 lampau. Waktu itu cuma dua operator jaringan (EE serta Vodafone) di Inggris yang tawarkan service 5G.

Sekarang ini, empat operator penting di Inggris sudah tawarkan service 5G. Menempati tempat ke-sembilan, Inggris mempunyai kecepatan ambil 5G-nya rerata 133,5 Mbps.

 

  • JERMAN

 

Jerman salah satu negara dengan service 5G terluas, sekarang ini jaringan 5G di negara itu sudah ada di lebih dari 1.000 kota serta diprediksikan 40 juta orang Jerman telah memakai jaringan 5G.

Di Jerman, beberapa kota besar seperti Berlin, Hamburg, Munich, Cologne, serta Frankfurt telah mempunyai service 5G yang menyebar luas. Untuk negara terluas yang mengaplikasikan 5G, Jerman ada di poringkat ke-10 dengan kecepatan rerata 102,0 Mbps.

Jadi itu ialah 10 negara dengan kecepatan unduh atau unduhan 5G paling cepat di dunia. Untuk Indonesia sendiri, pemerintah terus menggodok dan menyiapkan ketentuan untuk menerapkan jaringan 5G itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *