Daftar Tombol “Shortcut” di Zoom agar Rapat Lebih Mudah

Posted on

Daftar Tombol “Shortcut” di Zoom agar Rapat Lebih Mudah – Platform video telekonferensi Zoom Meetings semakin digandrungi oleh pengguna sejak pandemi Covid-19 melanda. Apalagi, aplikasi Zoom bisa berjalan lintas platform, sehingga pengguna smartphone bisa bertemu secara virtual di dalam satu “ruangan” dengan pengguna di PC atau laptop.

Daftar Tombol “Shortcut” di Zoom agar Rapat Lebih Mudah

Ilustrasi Zoom.

Nah, agar lebih memudahkan pengguna PC, Zoom menyediakan berbagai tombol pintasan (shortcut) yang bisa dilakukan melalui keyboard. Tombol-tombol ini berfungsi untuk menjalankan beragam perintah di dalam aplikasi Zoom. Kombinasi tombol Alt + A pada keyboard, misalnya, bisa ditekan bersamaan untuk mematikan (mute) atau menyalakan mikrofon.

Lalu, apabila ingin mematikan webcam atau video, Anda bisa dengan mudah menekan tombol Alt + V pada keyboard secara bersamaan. Mematikan audio/video dengan cara seperti ini agaknya lebih efisien dibanding cara normal. Sebab, Anda tidak perlu meng-klik beberapa menu untuk sekadar menyalakan atau menonaktifkan sebuah fitur. Pengguna juga tidak perlu repot-repot menjangkau mouse dan mencari di mana fitur yang ingin dimatikan berada.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah daftar tombol shortcut untuk mengoperasikan aplikasi Zoom di komputer dengan keyboard, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari laman dukungan Zoom. F6: berpindah-pindah jendela di aplikasi Zoom Ctrl+Alt+Shift: mengalihkan tampilan utama ke tombol kontrol meeting Zoom Tombol pintasan di tampilan Meeting: Spasi (tekan/lepas): mengaktifkan mikrofon untuk sementara waktu .

PageUp: melihat tampilan video 25 orang sebelumnya di mode Gallery View PageDown: melihat tampilan video 25 orang selanjutnya di mode Gallery View Alt: menyembunyikan/memunculkan tombol kontrol meeting Alt+F1: mengubah tampilan meeting ke mode “Active Speaker View” Alt+F2: mengubah tampilan meeting ke mode Gallery View Alt+F4: menutup jendela yang sedang ditampilkan Zoom Alt+V: mematikan/menyalakan webcam/video Alt+A: mematikan/menyalakan mikrofon/audio Alt+M: mematikan/menyalakan audio seluruh partisipan (khusus untuk host) Alt+S.

Meluncurkan/menutup jendela Share Screen (hanya bisa aktif ketika tombol kontrol meeting ditampilkan) Alt+Shift+S: memulai/menghentikan fitur Share Screen (hanya bisa aktif ketika tombol kontrol meeting ditampilkan) Alt+T: menangguhkan/melanjutkan fitur Share Screen (hanya bisa aktif ketika tombol kontrol meeting ditampilkan) Alt+R: memulai/menghentikan rekaman meeting yang disimpan secara lokal Alt+R: memulai/menghentikan rekaman meeting yang disimpan secara cloud Alt+P.

Menangguhkan atau melanjutkan rekaman meeting Alt+N: mengganti kamera utama untuk pengambilan video Alt+F: masuk/keluar dari tampilan layar penuh (full screen) Alt+H: menampilkan/menyembunyikan jendela percakapan teks Alt+U: menampilkan/menyembunyikan jendela daftar partisipan Alt+I: membuka jendela untuk mengundang partisipan Alt+Y: menggunakan fitur raise/lower hand Alt+Shift+R: meminta akses remote control ke host Alt+Shift+G.

Memutus akses remote control yang diberikan host Ctrl+2: membacakan nama orang sedang berbicara Ctrl+Alt+Shift+H: memunculkan/menyembunyikan kontrol meeting (yang sedang mengambang, misalnya ketika fitur Share Screen aktif) Baca juga: Zoom Bohongi Pengguna sejak 2016, Enkripsi Tak Seaman yang Diiklankan Tombol pintasan di tampilan Chat: Alt+Shift+T: mengambil tangkapan layar (screenshot) Alt+L: mengubah tampilan jendela percakapan (portrait/landscape).

Ctrl+W: menutup jendela percakapan Ctrl+Up: melihat isi percakapan yang sudah lewat Ctrl+Down: melihat isi percakapan yang baru Ctrl+T: membuka jendela percakapan ke partisipan Ctrl+F: mencari isi percakapan Ctrl+Tab: memindahkan percakapan ke tab selanjutnya (kanan) Ctrl+Shift+Tab: memindahkan percakapan ke tab sebelumnya (kiri) Tombol pintasan di tampilan Phone: Ctrl+Shift+P: memanggil nomor yang sudah diseleksi/diblok Ctrl+Shift+A.

Menjawab panggilan Zoom yang masuk Ctrl+Shift+E: mengakhiri panggilan Zoom Ctrl+Shift+D: menolak panggilan Zoom yang masuk Ctrl+Shift+M: menghidupkan/mematikan mikrofon Ctrl+Shift+H: mengalihkan panggilan masuk keluar/dari mode tunggu Baca juga: Semua Pengguna Zoom Kini Dapat Perlindungan dari Ujung ke Ujung Zoom versi MacOS Tombol pintasan umum: Command+W: menutup jendela yang sedang dibuka.

Command+L: mengubah tampilan ke mode portrait/landscape Ctrl+T: berpindah dari satu tab ke tab Tombol pintasan di tampilan Meeting: Command+J: bergabung ke meeting Command+Control+V: memulai meeting Command+J: menjadwalkan meeting Command+Control+S: mengaktifkan fitur Screen Share (direct share) Command+Shift+A: mematikan/menyalakan audio Command+Control+M: mematikan audio seluruh partisipan (khusus host).

Command+Control+U: menyalakan audio seluruh partisipan (khusus host) Spasi: mematikan/menyalakan mikrofon untuk sementara waktu Command+Shift+V: mematikan/menyalakan kamera video Command+Shift+N: mengubah kamera utama Command+Shift+S: menyalakan/mematikan fitur Screen Share Command+Shift+T: menangguhkan/melanjutkan fitur Screen Share Command+Shift+R: memulai rekaman yang disimpan secara lokal Command+Shift+C: memulai rekaman yang disimpan secara cloud Command+Shift+P: menangguhkan/melanjutkan proses rekaman Command+Shift+W.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *