Tanda-tanda HarmonyOS Mulai “Menggantikan” Android di Ponsel Huawei

Posted on

Tanda-tanda HarmonyOS Mulai “Menggantikan” Android di Ponsel Huawei – Nasib Huawei di tangan pemerintahan Amerika Serikat masih terkatung-katung. Hingga saat ini, rekonsiliasi bisnis Huawei dan perusahaan asal AS belum bisa kembali normal setelah vendor China itu masuk ke dalam daftar hitam (entity list).

Tanda-tanda HarmonyOS Mulai “Menggantikan” Android di Ponsel Huawei

HarmonyOS saat dipamerkan di panggung HDC 2019

Terlapas dari isu politik hubungan AS-China dan apakah mereka bisa kembali menggunakan Android atau tidak, Huawei terus mengembangkan sistem operasi buatannya, HarmonyOS alias HongmengOS untuk sebutan di China. Agaknya, Huawei mulai percaya diri dengan HarmonyOS sehingga sistem operasi itu mulai “menggantikan” Android dari smartphone buatannya perlahan-lahan.

Huawei baru saja merilis antarmuka EMUI 11 versi stable untuk beberapa model ponsel pintarnya di China. Pembaruan serupa juga mulai hadir di Huawei P40, Huawei P40 Pro, dan Mate 30 Pro untuk pasar global. Di dalam pembaruan ini muncul indikasi sistem operasi Android akan mulai digantikan. Salah satu tanda-tandanya adalah perubahan teks yang muncul dalam layar ketika ponsel mulai diaktifkan.

Tulisan “Android” tidak lagi menggunakan gaya huruf (font) resmi sebagaimana smartphone yang didukung sistem operasi buatan Google itu. Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Selasa (1/12/2020), logo Android pun tidak terlihat menyertai tulisan tersebut. Tanda lainnya ditemukan di menu “About Phone”. Dalam deskripsi patch keamanan hanya tertulis.

Security Patch” alih-alih “Android Security Patch Level”. Bulan September lalu, Huawei resmi memperkenalkan HarmonyOS 2.0 versi beta. HarmonyOS 2.0 SDK (software development kit) akan dirilis 18 Desember mendatang. President of Huawei Consumer Business Software, Wang Chenglu, mengatakan HarmonyOS 2.0 rencananya akan mulai digunakan di perangkat smartphone Huawei pada awal tahun 2021. Nantinya para pemilik ponsel Huawei akan bisa beralih dari Android ke HarmonyOS.

Sejak memperkenalkan HarmonyOS, Huawei sempat bersikukuh bahwa sistem operasi ini bukanlah pengganti Android. HarmonyOS akan digunakan untuk lintas perangkat Huawei, mulai dari PC, smartwatch, smart TV, tablet, hingga head unit yang terpasang di dalam mobil. Belum diketahui apa saja fitur-fitur yang akan dibawa HarmonyOS 2.0. Tapi Huawei mengklaim, sistem operasi ini akan membawa peningkatan dari segi keamanan, sistem pendeteksi suara, dan kemampuan transfer data lintas perangkat yang lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *